Nasi Kotak untuk Sahur dan Buka Puasa Ramadhan

nasi-kotak-kaya-rasaRamadhan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim sebagai bulan yang penuh berkah dan ampunan. Ada banyak sekali kebaikan yang dijanjikan di momen ini baik bagi jiwa dan badan.

Penelitian membuktikan bahwa dengan berpuasa secara rutin dan konsisten dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Hal ini juga diperhatikan oleh catering Bogor dalam layanan mereka.

Ada beberapa orang yang kemudian memaksimalkan ibadah mereka dalam upaya pengendalian diri dengan menerapkan diet sehat ke dalam menu sahur dan buka puasanya.

Umumnya mereka akan membuat daftar menu makanan menjadi lebih menyehatkan daripada sekedar mengenyangkan. Kesadaran akan kebutuhan nutrisi dan kesehatan menjadi dasar apa yang dilakukan oleh sebagian orang untuk memilih menu nasi kotak untuk sahur dan buka mereka.

Agar dapat melaksanakan ibadah dengan baik tanpa mengurangi esensinya, menu untuk sahur dan buka puasa pun disusun sedemikian rupa. Hal ini untuk menghindari tubuh kekurangan gizi dan nutrisi selama sebulan penuh. Hal ini juga untuk menghindari pengaruh buruk makan berlebihan selama waktu malam saat tubuh tidak berpuasa.

Menu Sahur

Saat berpuasa, tubuh memang tidak mendapat asupan setidaknya sekitar 14 jam lamanya. Maka dari itu, pilihan menu makanan dan minuman dalam nasi kotak sahur pun seharusnya memprioritaskan komposisi yang dapat memberikan energi dan air yang cukup. Cukup di sini bukan berarti makan secara berlebihan.

Kebanyakan orang  beranggapan bahwa makan sahur haruslah dalam jumlah yang banyak agar tidak cepat merasa lapar di pagi hari.

Nyatanya hal ini tidak selalu benar sebab walau bagaimanapun, asam lambung tetap akan bekerja menghancurkan makanan yang sudah lumat. Semakin banyak makanan yang ada di dalam lambung, semakin banyak pula jumlah asam yang dihasilkan.

Lain lagi jika Anda tetap makan dalam jumlah secukupnya, dalam artian tidak terlalu kenyang namun tidak juga merasa lapar. Kondisi yang cenderung stabil ini akan direspon secara wajar oleh lambung, tidak ada kelebihan asam yang harus dikeluarkan.

Namun demikian, menu makanan yang dikonsumsi ketika sahur haruslah jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Protein akan menjadi sumber energi yang baik dan lebih awet dibandingkan nutrisi lainnya. Jenis daging, ikan dan ayam sebagai lauk utama dan kacang-kacangan sebagai sayur bisa dijadikan pilihan.

Selain itu, Anda sebaiknya juga menghindari makanan gorengan dan makanan pedas sebab selain dapat memicu asam lambung lebih banyak juga akan membuat mulut dan tenggorokan terasa kering. Coba alternatif olahan selain ayam goreng ataupun ikan goreng.

Selain protein, Anda juga sebaiknya mengonsumsi sayur dan buah untuk menjaga kebutuhan serat untuk kesehatan pencernaan. Serat yang cukup juga dapat membuat Anda awet kenyang. Buah dapat menjanjikan fruktosa dan air bagi tubuh selain halnya konsumsi cukup air putih untuk menjaga metabolisme tetap berjalan.

Menu Buka Puasa

Pada saat buka puasa, kemampuan menahan diri juga akan diuji dimana seseorang harus tetap mempertahankan dirinya dari kekenyangan yang berdampak buruk bagi kesehatan dan agar dapat tetap beribadah selepas maghrib.

Pada saat berbuka, umumnya akan dibuka dengan kudapan manis seperti kurma, kolak pisang ataupun teh manis. Jenis santapan manis ini bermanfaat untuk memulihkan energi dengan segera.

Setelah sholat, Anda bisa mulai menyantap nasi kotak buka puasa dengan proporsi yang mungkin agak janggal dimana nasi tidak terlalu banyak sementara sayur dan lauk berimbang.

Sayur yang digunakan juga bukan sayur yang berat bersantan. Sementara sebagai pencuci mulut, ada berbagai macam buah yang dapat Anda pilih untuk mengembalikan cairan dan energi seperti kurma, melon dan semangka.

Demikianlah beberapa tips untuk menyusun menu dari catering nasi kotak Ramadhan yang akan Anda pergunakan selama bulan puasa.