Ini Tips Yang Bisa Dilakukan Sebelum Memulai Usaha Catering Nasi Kotak Sendirian

Salah satu jenis usaha yang tidak ada habisnya ialah usaha kuliner. Hal ini karena semua orang membutuhkan makanan sebagai kebutuhan primer.

Salah satu usaha kuliner yang memang cukup populer dan potensial ialah jasa catering nasi kotak, usaha rumah makan, dan lainnya.

Sebelum memulai usaha nasi kotak catering tentu ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebagai langkah awal. Langkah awal ini untuk persiapan apa hal yang harus dilakukan sebelum menjalankan usaha kuliner catering nasi kotak :

  1. Rencana Awal

Melakukan identifikasi mengenai makanan apa yang akan dijual, siapa targetnya pemasarannya, masalah modal, sistem operasional, pemasaran, dan sistem penjualannya akan seperti apa.

Untuk tahapan ini sebaiknya kamu melakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui dengan baik ke semua yang diperlukan.

  1. Perizinan

Meskipun sifatnya tidaklah mutlak, tetapi jika kamu ingin mendirikan usaha catering yang profesional dan bisa semakin berkembang, maka disarankan untuk kamu mengurus perizinan yang memiliki peran besar. Setidaknya akan lebih baik jika kamu mengurusnya di awal sebelum memulai usaha kuliner.

  1. Lokasi

Pemilihan lokasi memiliki peran yang penting dalam kesuksesan usaha catering. Terkadang menyajikan menu yang menggoda pun bisa kalah jika kamu salah dalam memilih lokasi. Bahkan ada baiknya sebelum kamu memilih lokasi kamu melakukan survey terlebih dahulu ya.

  1. Supplier

Kamu memang bisa rutin belanja bahan yang akan diolah untuk catering nasi kotak atau rumah makan di pasar. Namun jika usaha kamu sudah semakin membesar, sebaiknya kamu menjalin kerja sama dengan supplier untuk memudahkan kamu mendapatkan bahan baku dan jika ada pesanan makanan bisa dikirim tepat waktu. Pastikan kalau bahan baku sesuai dengan standar yang sudah ditentukan di awal ya.

  1. Tenaga Kerja

Kamu tentunya membutuhkan tenaga kerja untuk memasak dan menyajikan makanan jika usaha yang kamu rintis sudah semakin berkembang, tapi tidak semudah itu mencari tenaga kerja untuk catering atau rumah makan.

Pastikan kamu memilih tenaga kerja yang mahir dan terbiasa dengan pekerjaan dapur dan pekerjaan yang membutuhkan tenaga besar.