5 Benda Yang Tidak Boleh Sembarangan Dibuang Ke Tempat Sampah

Anjuran membuang sampah pada tempatnya memang sudah sering kita dengar dari kecil. Orangtua dan guru pun sering mengajarkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Namun tahukah kamu kalau tidak semua jenis sampah bisa dibuang ke tempat sampah?

Niat hati ingin membuang di tempat sampah, malahan kamu bisa dianggap membuang sampah sembarangan karena dampak dari sampah tersebut untuk kesehatan dan keamanan. Barang apa sajakah itu? Simak berikut ini ya :

  1. Cat minyak

Sisa dari cat minyak sebaiknya jangan dibuang langsung ke tanah, saluran air, ataupun tempat sampah. Hal ini karena cat minyak memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya untuk manusia, hewan dan juga lingkungan. Jadi kalau kamu punya sisa cat minyak, lebih baik disimpan saja ya dan gunakan untuk kemudian hari jika memerlukannya.

  1. Baterai bekas

Baterai bekas mengandung logam berat seperti nikel, alkali, dan kadmium yang bisa membahayakan tubuh dan lingkungan. Jika ada baterai bekas di rumah lebih baik disimpan dan diberikan pada pengepul supaya tidak dibuang ke tempat sampah. Langkah lainnya bisa juga dengan mengisi ulang baterai bekas.

  1. Elektronik bekas

Seperti CD, TV, Jam, Kabel, dan barang elektronik lainnya megandung logam berat seperti timbal yang akan membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan. Daripada dibuang begitu saja, lebih baik disumbangkan dan jika masih bisa diservice lebih baik ditaruh di pusat daur ulang saja.

  1. Obat kedaluwarsa

Sebaiknya obat yang sudah kedaluwarsa tidak dibuang secara utuh, hal ini untuk mencegah penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Atau jika ingin lebih aman, kamu bisa menyerahkan obat yang sudah kedaluwarsa ke puskesmas terdekat atau apotek supaya bisa dibuah dan dimusnahkan bersama limbah medis lainnya.

Supaya tidak membahayakan bagi tubuh dan lingkungan, serta tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, sebaiknya benda-benda diatas tidak dibuang secara sembarangan ya ke tempat sampah. Mari kita pilah terlebih dahulu sampah yang akan kita buang, jadilah orang yang lebih bijak.